3.1.a.9. Koneksi Antarmateri
Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran
Oleh
Ni Ketut Suryati Adiwati,S.Pd.SD
CGP Angkatan 4 Kab. Karangasem-Bali
Kaitan Pandangan Ki Hajar Dewantara dengan filosofi Pratap Triloka memiliki
pengaruh terhadap bagaimana sebuah pengambilan keputusan sebagai seorang
pemimpin pembelajaran yang diambil
Ing Ngarso Suntalada Seorang pemimpin
Pembelajaran dalam pengambilan keputusan harus memperhatikan dampak keputusan
tersebut sehingga ketika mengambil keputusan menjadi refrensi dari pemecahan
kasus lainnya.
Ing Madyo Manggun
KarsaSeorang Pemimpin
Pembelajaran selalu memberikan solusi permasalahan yang menumbuhkan ide dan
gagasan peserta didik untuk berkembang kearah yang lebih baik
Tut Wuri Handayani Seorang pemimpin
Pembelajaran dalam pengambilan keputusan, keputusan yang diambil menumbuhkan
motivasi positif sehingga menjadi pendorong mereka berkembang kearah yang lebih
baik.
Nilai-nilai
yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil
dalam pengambilan suatu keputusan. Nilai diri tersebut diantarannya : Religius, tanggung jawab, jujur, diiplin,
peduli, kreatif dan kritis. Nilai diri ini berpengaruh dalam pengambilan
keputusan yaitu menyangkut apakah dalam pengambilan keputusan tersebut kita
menggunakan 3 prinsif yang ada yaitu:
1.Prinsip berpikir berbasis hasil akhir
2. Prinsip berpikir berbasis peraturan
3. Prinsip berpikir berbasis rasa peduli
kegiatan terbimbing yang di lakukan pada materi pengambilan keputusan
berkaitan dengan kegiatan 'coaching' (bimbingan) yang diberikan pendamping atau
fasilitator dalam perjalanan proses pembelajaran kita, terutama dalam pengujian
pengambilan keputusan yang telah menghasilkan pengambilan keputusan yang cukup efektif karena strategi 3 prinsip, 4 paradigma dan 9 pengujian pengambilan keputusan dipadukan dengan teknik coaching akan menghasilkan keputusan yang baik bagi pihak-pihak yang terlibat karena memberdayakan potensi yang dimiliki seseorang yang mengalami masalah akan lebih baik dibandingkan pemecahan masalah yang diberikan orang lain yang tidak mengalami permasalahan secara langsung.
kemampuan guru dalam mengelola dan menyadari aspek sosial emosionalnya
akan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan karena dengan mindfullnes seorang guru dapat membuat keputusan yang sesuai tujuan. Jika guru masih dalam kondisi stres, guru dapat mengarahkan diri untuk melakukan Teknik STOP, dengan cara berhenti, kemudian menarik nafas panjang, hingga memberikan waktu untuk memahami dengan baik permasalahan yang dihadapi Guru juga akan dapat memahami apa yang dirasakan orang lain dan mau mendengarkan dengan penuh perhatian sehingga keputusan yang akan diambil merupakan solusi yang tepat
Dalam menyelesaikan
beberapa permasalahan dan membedakan permasalahan tersebut masuk kedalam
masalah moral atau etika, nilai- nilai diri sangat mempengaruhi dalam pengambilan
keputusan yang terbaik. Contohnya adalah dengan nilai diri yang yang mementingkan kepentingan orang banyak maka akan mengambil keputusan berbasis hasil akhir, jika nilai diri yang disiplin
biasannya menyelesaikan permasalahan dengan prinsif berbasis aturan, sedangkan
yang memiliki nilai diri rasa kepedulian akan mengambil strategi berfikir
berbasis rasa peduli.
Jika teknik
pengambilan keputusan ini diterapkan disekolah saya yaitu SD Negeri 3 Sinduwati tidak akan mengalami kendala ini dikarenakan solidaritas guru masih
terbina dengan baik dan murid selalu antusias dengan perubahan paradigma
pendidikan yang diprogramkan sekolah.
Pengambilan
keputusan sebagai pemimpin Pembelajaran sangat berpengaruh pada pengajaran karena apabila keputusan yang kita ambil sudah sesuai langkah-langkah pengambilan dan dengan mempertimbangkan segala aspek yang diperlukan sehingga keputusan yang diambil tepat dan berpihak pada murid maka akan dapat memerdekakan murid-murid dalam mengembangkan diri sesui potensi yang dimiliki
Seorang Pemimpin Pembelajaran harus berhati-hati dalam mengambil keputusan, sebaiknya keputusan yang diambil tetap melalui 9 pengujian keputusan karena akan sangat mempengaruhi kehidupan atau masa depan murid-murid kita yang terlibat dalam permasalahan
Kesimpulan
akhir yang dapat saya tarik dari
pembelajaran modul/ materi ini dan
keterkaitannya dengan modul-modul sebelumnya adalah guru sebagai pemimpin Pembelajaran dalam
pengambilan suatu keputusan harus bijak yaitu Guru harus mampu berlaku sesuai dengan filosofi Pratap Triloka, menggunakan 4 paradigma, 3
prinsip dan 9 pengujian keputusan, dalam pelaksanaannya dapat dipadukan dengan
tehnik coaching dengan mengedepankan nilai diri yang dimiliki sehingga
kedepannya akan berdampak tercapainnya merdeka belajar.
Mantap, guru sebagai pemimpin pembelajaran harus bisa mengambil keputusan yang berpihak pada murid untuk mewujudkan merdeka belajar
BalasHapusMantap bu sangat menginspirasi
BalasHapus