3.1.a.9. Koneksi Antarmateri Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran



 

3.1.a.9. Koneksi Antarmateri

Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran
Oleh

Ni Ketut Suryati Adiwati,S.Pd.SD

CGP Angkatan 4 Kab. Karangasem-Bali

Kaitan Pandangan Ki Hajar Dewantara dengan filosofi Pratap Triloka memiliki pengaruh terhadap bagaimana sebuah pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran yang diambil


 Ing Ngarso Suntalada Seorang pemimpin Pembelajaran dalam pengambilan keputusan harus memperhatikan dampak keputusan tersebut sehingga ketika mengambil keputusan menjadi refrensi dari pemecahan kasus lainnya.

Ing Madyo Manggun KarsaSeorang Pemimpin Pembelajaran selalu memberikan solusi permasalahan yang menumbuhkan ide dan gagasan peserta didik untuk berkembang kearah yang lebih baik

Tut Wuri Handayani Seorang pemimpin Pembelajaran dalam pengambilan keputusan, keputusan yang diambil menumbuhkan motivasi positif sehingga menjadi pendorong mereka berkembang kearah yang lebih baik.

Nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan. Nilai diri tersebut diantarannya : Religius, tanggung jawab, jujur, diiplin, peduli, kreatif dan kritis. Nilai diri ini berpengaruh dalam pengambilan keputusan yaitu menyangkut apakah dalam pengambilan keputusan tersebut kita menggunakan 3 prinsif yang ada yaitu: 

1.Prinsip berpikir berbasis hasil akhir

2. Prinsip berpikir berbasis peraturan

3. Prinsip berpikir berbasis rasa peduli


 kegiatan terbimbing yang di lakukan pada materi pengambilan keputusan berkaitan dengan kegiatan 'coaching' (bimbingan) yang diberikan pendamping atau fasilitator dalam perjalanan proses pembelajaran kita, terutama dalam pengujian pengambilan keputusan yang telah menghasilkan pengambilan keputusan yang cukup efektif karena strategi 3 prinsip, 4 paradigma dan 9 pengujian pengambilan keputusan dipadukan dengan teknik coaching akan menghasilkan  keputusan yang baik bagi pihak-pihak yang terlibat karena memberdayakan  potensi yang dimiliki seseorang yang mengalami masalah akan lebih baik dibandingkan pemecahan masalah yang diberikan orang lain yang tidak mengalami permasalahan secara langsung.

   kemampuan guru dalam mengelola dan menyadari aspek sosial emosionalnya akan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan karena dengan mindfullnes seorang guru dapat membuat keputusan yang sesuai tujuan. Jika guru masih dalam kondisi stres,  guru dapat mengarahkan diri untuk melakukan Teknik STOP, dengan cara berhenti, kemudian menarik nafas panjang, hingga memberikan waktu untuk memahami dengan baik permasalahan yang dihadapi  Guru juga akan dapat memahami apa yang dirasakan orang lain dan mau mendengarkan dengan penuh perhatian sehingga keputusan yang akan diambil merupakan solusi yang tepat

    Dalam menyelesaikan beberapa permasalahan dan membedakan permasalahan tersebut masuk kedalam masalah moral atau etika, nilai- nilai diri sangat mempengaruhi dalam pengambilan keputusan yang terbaik. Contohnya adalah dengan nilai diri yang yang mementingkan kepentingan orang banyak maka akan mengambil keputusan berbasis hasil akhir, jika nilai diri yang disiplin biasannya menyelesaikan permasalahan dengan prinsif berbasis aturan, sedangkan yang memiliki nilai diri rasa kepedulian akan mengambil strategi berfikir berbasis rasa peduli.

     Jika teknik pengambilan keputusan ini diterapkan disekolah saya yaitu SD Negeri 3 Sinduwati tidak akan mengalami kendala ini dikarenakan solidaritas guru masih terbina dengan baik dan murid selalu antusias dengan perubahan paradigma pendidikan yang diprogramkan sekolah.

     Pengambilan keputusan sebagai pemimpin Pembelajaran sangat berpengaruh pada pengajaran karena apabila keputusan yang kita ambil sudah sesuai langkah-langkah pengambilan  dan dengan mempertimbangkan segala aspek yang diperlukan  sehingga keputusan yang diambil tepat dan berpihak pada murid maka akan dapat memerdekakan murid-murid dalam mengembangkan diri sesui potensi yang dimiliki

    Seorang  Pemimpin Pembelajaran harus berhati-hati dalam mengambil keputusan, sebaiknya keputusan yang diambil tetap melalui 9 pengujian keputusan karena akan sangat mempengaruhi kehidupan atau masa depan murid-murid kita yang terlibat dalam permasalahan

   Kesimpulan akhir  yang dapat saya tarik dari pembelajaran modulmateri ini dan keterkaitannya dengan modul-modul sebelumnya adalah guru sebagai pemimpin Pembelajaran dalam pengambilan suatu keputusan harus bijak yaitu Guru harus mampu berlaku sesuai dengan  filosofi Pratap Triloka, menggunakan 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 pengujian keputusan, dalam pelaksanaannya dapat dipadukan dengan tehnik coaching dengan mengedepankan nilai diri yang dimiliki sehingga kedepannya akan berdampak tercapainnya merdeka belajar.

Komentar

  1. Mantap, guru sebagai pemimpin pembelajaran harus bisa mengambil keputusan yang berpihak pada murid untuk mewujudkan merdeka belajar

    BalasHapus
  2. Mantap bu sangat menginspirasi

    BalasHapus

Posting Komentar